Service merupakan satu hal yang sangat
penting dalam dunia bisnis karena service merupakan salah satu bentuk
penghargaan kepada pelanggan. Service juga menjadi salah satu
pertimbangan seseorang untuk memutuskan membeli produk atau menggunakan
jasa dari sebua perusahaan.
Service yang buruk bisa membuat pelanggan lari dan beralih ke perusahaan pesaing. Mengingat begitu pentingnya service bagi kelangsungan usaha kita, sudah selayaknya bila kita selalu menjaga service kita kepada pelanggan.
Service yang buruk bisa membuat pelanggan lari dan beralih ke perusahaan pesaing. Mengingat begitu pentingnya service bagi kelangsungan usaha kita, sudah selayaknya bila kita selalu menjaga service kita kepada pelanggan.
Berikut ini adalah pengertian dan definisi service:
# AHMAN SUTARDI & ENDANG BUDIASIH
Service adalah setiap kegiatan yang
diperuntukkan atau ditujukan untuk memberikan kepuasan melalui pelayanan
yang diberikan seseorang secara memuaskan
# HERMAWAN KERTAJAYA
Service merupakan sebuah paradigma dari
orang - orang dalam sebuah perusahaan, tidak peduli apakah sebuah
perusahaan yang menhasilkan product atau service untuk selalu memberikan
best value pada pelanggannya
Service adalah "value enhancer" produk dan perusahaan anda
#
Service merupakan sebuah rangkaian proses, dan sebagai proses ia berkaitan dengan input - output.
# LOVELOCK & WIRTZ, 2004
Meskipun service sering kali memasukkan
komponen tangibles yang penting, komponen ini bersama - sama dengan
personel yang ahli menjadi kombinasi yang dominan dalam rangkaian value
creation untuk penciptaan kinerja jasa
# MOHD ROZANI PAWAN CHEK
Service adalah merupakan gabungan dari
selling (menjual), emphasis (menenkankan), return (timbal balik), Visit
(mengunjungi), Increase (menambah atau meningkatkan), commitment
(mengikatkan diri), dan earn (penghasilan)
# LAURENSIUS MANURUNG
Service merupakan aktivitas perusahaan dalam memberikan layanan pelanggan meliputi penanganan pelanggan dan keluhan pelanggan
# HOLY ICUN Y & MARTINUS GETTY
Service merupakan komponen tambahan seperti garansi jasa, garansi spare part, asuransi, dll
# IMELDA SAPUTRA
service adalah salah satu nilai tambah
yang perlu kita miliki jika kita ingin tetap eksis di tengah - tengah
persaingan yang semakin ketat seperti sekarang ini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar